Sabtu, 28 Mei 2016

PROJECT GUTENBERG



SEJARAH PROJECT GUTENBERG (www.gutenberg.org)
                Proyek gutenberg adalah suatu upaya sukarela untuk melakukan digitalisasi, pengarsipan, dan distribusi karya-karya budaya agar dapat mendorong pembuatan dan pendistribusian ebooks atau buku elektronik.       
                Proyek gutenberg didirikan oleh michael hart, dan diciptakan  pada tahun 1971. Nama panjangnya adalah Michael stern hart, ia lahir di tacoma, washington pada tanggal 8 maret 1947. Dan meninggal pada 6 september 2011 di rumahnya di urbana, illinois, pada usia 64. proyek gutenberg adalah penyedia pertama buku elektronik gratis, atau ebook.  Perpustakaan ini merupakan perpustakaan digital tertua.
                 
                Proyek gutenberg menawarkan lebih dari 50.000 ebooks gratis: memilih di antara buku epub gratis, buku kindle gratis, download mereka atau membaca secara online.
                . Sebagian besar koleksinya adalah naskah lengkap buku-buku domain umum. Proyek ini berupaya menyediakan semua koleksinya sebebas mungkin, dalam format yang tahan lama dan terbuka serta dapat digunakan di hampir semua komputer.
                Pada bulan maret 2013, proyek gutenberg menyatakan bahwa mereka memiliki 42.000 judul buku dalam koleksi mereka. Koleksi buku yang mereka distribusikan terhadap publik tersedia dalam bentuk berkas naskah, tetapi juga tersedia dalam bentuk lain seperti HTML, PDF, EPUB, MOBI, dan pluker. Koleksi dikeluarkan bukan hanya dalam bahasa inggris, tetapi juga dalam beberapa bahasa lainnya
Fasilitas yang disediakan
1. cd dan dvd
2. catalog online
3. buku audio
4. berita
5. arsip
6. Book search
7. Book categories
Cover buku yang ingin dibaca
   klik read this book online HTML

Tidak ada komentar:

Posting Komentar